Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

By | October 13, 2015

Cara Mengatasi Insomnia – Bagi anda yang sering menderita susah tidur atau insomnia sebaiknya baca beberapa cara mengatasi insomnia yang akan Admin ulas pada kesempatan kali ini. Insomnia sendiri merupakan gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur ataupun mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Pada umumnya gejala tersebut akan diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Jika anda menderita insomnia mungkin bantuan medis atau psikologis akan diperlukan karena ada terapi psikologis yang ampuh mengatasi insomnia, yakni terapi kognitif.

Saat ini ternyata banyak penderita insomnia yang tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya agar bisa beristirahat. Padahal penggunaan obat-obat tersebut justru dapat menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa mengonsumsi obat tersebut. Perlu Admin tekankan disini bahwa insomnia bukanlah suatu penyakit, tetapi hanyalah gejala yang mempunyai berbagai penyebab seperti emosional, kelainan fisik, pemakaian obat-obatan, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

Biasanya penderita insomnia ini seringkali memiliki rasa cemas, gelisah, depresi, ketakutan, ataupun lainnya yang mengganggu pikirannya sehingga membuat dirinya susah untuk tidur. Meskipun insomnia bukanlah suatu penyakit namun masalah susah tidur ini tentu akan memicu berbagai masalah kesehatan lainnya karena otomatis tubuh anda kurang istirahat dan metabolisme tubuh terganggu.

Nah cara mengatasi insomnia sendiri sebenarnya cukup mudah tanpa harus menggunakan obat-obatan. Namun dengan catatan gangguan susah tidur ini belum berat. Apabila sudah berat maka dibutuhkan pengobatan lebih lanjut. Langsung saja berikut ini beberapa cara mengatasi susah tidur yang dapat anda coba terapkan secara rutin.

1. Ciptakan suasana tenang menjelang tidur
Saat anda hendak tidur cobalah untuk tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum tidur. Ciptakan suasana yang nyaman, salah satunya yakni meredupkan cahaya di kamar dan hindari suara berisik. Setelah itu mulailah untuk istirahat dan tidur.

2. Caritahu penyebab insomnia
Ada banyak sekali penyebab insomnia, untuk itu cobalah mencari tahu penyebabnya. Apabila penyebabnya adalah stres emosional, konsumsilah obat untuk mengurangi stres. Apabila penyebabnya adalah depresi, cobalah berikan obat anti-depresi.

3. Hindari begadang
Kebiasaan bergadang merupakan salah satu penyebab anda menderita insomnia, selain itu waktu istirahat yang tidak menentu juga menjadi salah satu penyebab. Untuk itu sebaiknya hindari begadang dan buatlah jadwal rutin untuk mulai istirahat dan tidur.

4. Jangan tidur siang hari
Tidur siang hari akan membuat anda kuat untuk begadang malam hari. Apabila ini sudah menjadi kebiasaan tentunya akan susah untuk menghilangkannya. Untuk itu cobalah menghindari tidur siang hari agar saat malam hari mudah tidur.

5. Jangan minum kafein
Seperti kita ketahui bahwa kafein dapat membuat kita tetap terjaga saat malam hari. Untuk itu jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti halnya kopi.

6. Jangan merokok
Kandungan nikotin pada rokok sama halnya kafein pada kopi, yakni dapat membuat anda semakin terjaga. Untuk itu pastikan anda tidak merokok apabila ingin tidur dengan cepat.

7. Menetralisir suara
Suara berisik dapat datang dari apa saja, mulai dari kendaraan, hewan peliharaan, musik, dan lainnya. Cobalah menetralisir semua suara yang dapat mengganggu pikiran sehingga anda dapat rileks dan tidur nyaman.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi insomnia yang dapat Admin berikan. Apabila insomnia yang anda derita sudah lebih dari 6 bulan ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat diatasi lebih serius.

loading...

Leave a Reply