Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

By | March 23, 2016

Cara Mengobati Keputihan – Berbagai cara mengobati keputihan secara alami dapat anda lakukan untuk mengatasi keputihan yang anda derita. Beberapa bahan alami untuk mengobati keputihan diantaranya yakni daun sirih, bawang putih, buah jambu, dan masih banyak lagi. Selain dengan bahan alami anda juga dapat mengobati keputihan dengan cepat menggunakan obat farmasi yang dapat anda beli di apotik.

Keputihan sendiri pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 2 yakni keputihan normal dan keputihan abnormal.

Cara Mengobati Keputihan

Cara Mengobati Keputihan

Keputihan normal atau fisiologis merupakan keputihan yang dapat terjadi setiap bulannya, keputihan jenis ini dapat muncul menjelang datang bulan maupun sesudah datang bulan. Selain itu daerah kemaluan tidak terasa gatal. Cairan yang keluar dari kemaluan berwarna bening namun dapat berlebihan, cairan tersebut tidak berbau. Keputihan jenis ini dapat terjadi karena aktivitas hormon kewanitaan.

Keputihan abnormal atau patologis merupakan keputihan yang dapat terjadi dikarenakan adanya infeksi, keputihan ini dapat menimbulkan bau busuk dan rasa gatal pada daerah kemaluan. Cairan yang keluar dari kemaluan mempunyai warna berbeda tergantung penyebab keputihan. Pada kebanyakan khasus keputihan abnormal ini akan mengeluarkan cairan kental, lendir berbusa, dan berwarna (putih keabuan, kekuningan, kehijauan). Keputihan jenis ini dapat terjadi karena adanya infeksi.

Pada umumnya keputihan disebabkan karena adanya bakteri, virus, dan jamur atau juga parasit. Saluran kencing dapat mengalami peradangan apabila sudah terjadi infeksi, akibatnya penderita keputihan akan merasakan pedih/perih saat buang air kecil.

Berikut ini beberapa cara mengobati keputihan yang dapat anda coba.
1. Daun jambu
Rebuslah daun jambu kedalam 1 liter air dan diamkan tunggu sampai mendidih, setelah mendidih jangan langsung diangkat tetapi biarkan mendidih sampai air tinggal setengah saja. Setelah itu ambil air rebusan tersebut dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin siramkan air tersebut pada area kemaluan, terapkan cara ini dua kali dalam sehari.

2. Daun sirih
Rebuslah 7 sampai 10 lembar daun sirih kedalam 2 liter air sampai mendidih. Setelah mendidih lalu diamkan sampai dingin barulah gunakan air tersebut dengan cara menyiramkannya pada daerah kemaluan. Disarankan tidak terlalu sering menerapkan cara ini karena dikhawatirkan dapat mengubah ph dan flora normal pada organ kemaluan.

CATATAN:

Apabila cara alami tidak kunjung memberikan hasil ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat ditangani lebih serius. Anda dapat meminta resep obat keputihan kepada dokter. Beberapa obat keputihan yang sering digunakan yakni Azithromycin, Doxycycline, Clindamycin, Metronidazole, dan Tinidazole.

Demikian sedikit ulasan tentang seputar keputihan dan cara mengobati keputihan yang dapat anda lakukan. Ingat, keputihan normal merupakan keputihan yang wajar dan dapat terjadi setiap bulannya. Keputihan abnormal merupakan keputihan yang terjadi akibat infeksi, segera obati sebelum semakin parah.

loading...

Leave a Reply