Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Anda

By | December 13, 2016

Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Anda – Daun gedi yang memiliki nama latin Abelmoschus manihot L merupakan tanaman yang biasanya digunakan untuk sayuran dengan campuran bubur manado. Tanaman ini juga sering ditemukan di daerah Papua. Tak hanya di Negara Indonesia, pada umumnya daun gedi ini juga banyak digunakan di daerah Asia lainnya untuk memasaknya dengan cara menumis dalam wajan sebagai campuran masakan. Ternyata daun gedi juga terdapat banyak manfaat di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat daun gedi untuk kesehatan yang wajib anda ketahui :
manfaat daun gedi untuk kesehatan

Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan

  1. Tinggi akan vitamin C

Daun gedi memiliki kandungan serat yang sagnat tinggi. Selain itu vitamin C yang ada di dalam daun gedi sama banyak dibandingkan dengan pisang. Sehingga mengandung  lebih banyak jumlah Ribloflavin, Tiamin dan Mineral. Termasuk yang ada didalamnya yaitu zat besi, kalium, dan kalsium.

  1. Mencegah keguguran

Ketika seorang ibu hamil, mereka akan sangat takut bila bayi yang dikandungnya mengalami keguguran. Hal ini dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi daun gedi sehingga janin ibu hamil menjadi lebih kuat. Seorang ibu yang mengalami kekurangan asupan gizi karena kelelahan maka daun gedi dapat menjadi alternatifnya karena daun gedi juga dapat menjadi sumber nutrisi.

khasiat daun gedi

  1. Mengurangi asidosis pada ibu yang hamil

Tanaman ini merupakan tanaman yang kaya akan kalsium dan kaya akan unsur – unsure alkali dimana hal ini sangat penting untuk menjaga jaringan agar tetap bersih dan menjaga sifat basa dalam darah (alkali). Selain itu, dapat mencegah penyakit kronis yang terjadi karena terlalu banyak asam dalam tubuh si ibu.

  1. Untuk mengontrol kesuburan

Daun Gedi banyak yang meyakini untuk kesuburan dan dapat mengatasi masalah pada system produksi wanita. Hal ini karena daun gedi dapat mengatur gula darah. Selain itu daun gedi juga bersifat afrodisiak atau dapat meningkatkan gairah seksual. Tanaman ini juga dapat memperbaiki masalah seksual pada wanita.

  1. Sebagai obat sembelit pada ibu hamil

Daun gedi yang dijadikan jus sebagai minuman dapat membersihkan saluran pencernaan dan menghapus timbunan limbah yang lama melekat pada usus. Selain berfungsi sebagai memelihara usus, ternyata daun gedi juga bermanfaat untuk meremajakan gerakan usus

  1. Untuk ibu hamil yang anemia

Di dalam daun gedi terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Ketika selesai melalukan penyerapan nutrisinya, kemudia terbentuklah hemogoblin dan sel darah merah. Sehingga demikian dalam daun ini efektif untuk membangun darah dan tak hanya mengobati anemia, ternyata daun gedi ini berfungsi juga untuk mencegah penyakit anemia

  1. Menstabilkan mood untuk ibu yang sedang hamil

Ini dikarenakan daun gedi mirip seperti buah mengkudu yang memiliki kandungan serotonin, dimana zat ini merupakan anti depresi sehingga dapat mengurangi stress. Dengan demikian perasaan ibu hamil menjadi lebih baik dan tenang.

  1. Daun gedi dapat menyebabkan hyperpigmentasi

 Para wanita yang mengkonsumsi daun gedi membuat terjadi perubahan warna pada kulit. Atau kadang membuat seorang individu lebih sensitif terhadap perawatan yang menggunakan laser. Selain itu juga dapat lebih sensitif terhadap cahaya matahari terbenam.

  1. Mencegah osteoporosis

Dalam Penelitian yang dilakukan oleh Asian Journal of Traditional Medicines tahun 2011 dalam meneliti kemampuan daun gedi ini mampu mencegah pengeroposan tulang dan dilakukan pada tikus. Hal ini ditemukan pengaruh yang signifikan pada dosis 15 % dalam diet yang diberikan. Sehingga memiliki efek pemulihan yang baik.

  1. Daun gedi untuk organ yang sakit

Dalam pemulihan organ yang sakit daun gedi dapat membantu proses penyembuhan. Hal ini dapat dengan meracik ramuan daun gedi berupa Jus sebanyak 0,5 sampai 1 gelas perhari hingga sembuh.

manfaat daun kenikir

  1. Untuk antisipasi gangguan pernafasan pada ibu hamil

Siapkan daun gedi segar yang ditambah dengan biji fenugreek yaitu merupakan tanaman perdu putih berbunga dari keluarga kacang dengan biji aromatik biasanya digunakan dalam bubuk kari. Kemudian ditambahkan dengan Ammonium Klorida dan madu sebagai tonik yang efektif untuk menyembuhkan bronkitis, asma, dan batuk kering. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan terhadap infeksi pernafasanMinum ramuan ini sebanyak 30 ml sehari 3 kali.

  1. Mencegah penyakit jantung

Daun gedi mengandung komponen flavanoid yang dapat menurunkan resiko penyakit penyakit serangan jantung. Dengan mengkonsumsi daun ged secara teratur maka tekanan darah tinggi dapat menjadi normal dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. selain itu dapat mengokohkan dinding kapiler darah.

  1. Menurunkan kolesterol

Kadar darah yang memiliki kolesterol akan memiliki resiko ateroklerosis. Dengan konsumsi daun gedi maka akan memberikan efek proteksi pada sel. Senyawa flavanoid yang terkandung dalam daun gedi memberikan efek pada atom hidrogen dalam rangkaian lemak menjadi lebih stabil dan dapat menghambat proses auotooksidasi.

  1. Banyak mengandung vitamin A

Daun gedi memiliki protein lebih banyak dibandingkan bayam. Ketika sumber protein lainnya sulit untuk dijangkau harganya, maka daun ini dapat menjadi alternatif pilihan. Selain itu daun gedi memiliki kandungan vitamin A dua kali lipat dibandingkan dengan bayam.

  1. Memudahkan ketika ibu melahirkan

Daun gedi tak hanya untuk menyembuhkan orang yang sakit, namun daun gedi dikonsumsi agar memudahkan dan mempercepat dalam persalinan. Para peneliti meneliti daun gedi yang ternyata dalam daun ini menemukan antiviral (antivirus). Daun ini memiliki kandungan ekstrak etanol yang memiliki sifat antikonvulsan dan antidepresan. Daun gedi sendiri merupakan agen yang menawar rasa sakit atau menenangkan.

  1. Menambah produksi ASI pada ibu

Karena daun gedi mengandung asam folat, maka daun ini sangat baik untuk menyusui. Dengan demikian sumber nutrisi dalam daun gedi ini akan meningkatkan kualitas ASI yang diproduksi dan meningkatkan kuantitasnya menjadi lebih banyak.

  1. Daun gedi untuk kulit ibu hamil

Daun gedi mengandung zat kolagen yang bermanfaat sebagai penghalus kulit. Dalam hal ini ibu yang sedang hamil dapat mengambil manfaatnya tak hanya untuk menghaluskan kulit karena daun gedi memiliki fungsi untuk dapat memperlancar peredaran darah. Cara meraciknya adalah dengan meminum air rebusan daun gedi tersebut.

daun gedi

  1. Sebagai obat maag pada ibu hamil

Kandungan dalam daun gedi jika dikonsumsi maka kandungannya dapat melapisi lambung dan mengurangi resiko iritasi yang disebabkan oleh mikroorganisme. Jika ibu hamil mengkonsumsi nya maka tak perlu menggunakan obat maag kimiawi. Hal ini disebabkan daun gedi dapat berfungsi sebagai antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab maag tersebut. Konsumsilah daun gedi secara teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

  1. Menurunkan tekanan darah

Karena daun gedi ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga daun ini perlu dihindari oleh para penderita kadar gula darah rendah.

  1. Sebagai anti inflamasi

Di Afrika masyarakat yang mengenal daun ini menggunakannya sebagai ramuan untuk mengurangi inflamasi atau pembengkakan karena infeksi. Tak hanya itu mereka juga menggunakannya untuk abses atau pemgempesan nanah. Hal ini disebabkan adanya kandungan polifenol dan flavanoid yang dapat mengatasi peradangan tersebut.

Kata Kunci Masuk:

  • cara mengolah daun gedi
  • cara membuat masker daun afrika
  • manfaat emping melinjo untuk ibu hamil
  • khasiat daun gedi
  • kata dokter oz mengenai daun gedi
  • dwonload khasiat bawang putih tunggal
  • Daun kenjer untuk ibu hamil
  • daun gedi
  • cara merebus daun gedi untuk menghilangkan benjolan
  • manfaat kunyit untuk ibu hamil
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *